100 Things Jets Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

100 Things Jets Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

IPS dataran rendah dimanfaatkan untuk berbagai bidang, contohnya antara lain... dan...​

dataran rendah dimanfaatkan untuk berbagai bidang, contohnya antara lain... dan...​

Jawaban:

Dataran rendah merupakan bagian permukaan bumi yang sangat landai dan luas yang memiliki tinggi 0-250 mdpl. Sementara itu, ada dataran sedang yang tingginya mulai dari 250-750 mdpl. Ada pula bagian permukaan bumi yang curam karena memiliki ketinggian lebih dari 750 mdpl yaitu dataran tinggi.

Penjelasan:

1. Jalur Transportasi

Dataran rendah adalah sebuah hamparan yang bisa dimanfaatkan sebagai jalur transportasi untuk mendukung manusia dalam menjalankan kehidupannya.

Mobilitas yang ingin dilakukan manusia bisa dilakukan dengan lancar karena transportasi. Biasanya jalur transportasi ini dibangun untuk menyambungkan pemukiman dan gedung-gedung pusat aktivitas manusia sehingga manusia mudah melakukan mobilitas.

Manusia biasanya membangun tempat tinggalnya di dataran rendah karena memiliki suhu yang relatif hangat. Dataran rendah juga dijadikan tempat dibangunnya pemukiman karena mudah dijangkau dengan jalur transportasi.

2. Pusat Kegiatan Manusia

Tak hanya dimanfaatkan sebagai pemukiman, dataran rendah juga digunakan untuk membangun gedung-gedung atau tempat manusia beraktivitas seperti sekolah, pasar, kantor, pusat perbelanjaan dan sebagainya.

3. Pertanian

Dataran rendah terbentuk akibat adanya proses sedimentasi. Hal tersebutlah yang membuat dataran rendah memiliki tanah yang subur. Tanah subur ini bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Biasanya, lahan pertanian yang berada di dataran rendah adalah sawah.

4. Perkebunan

Karena dataran rendah memiliki dataran yang relatif subur, maka dataran ini cocok untuk dijadikan lahan perkebunan. Namun, tidak semua jenis tanaman yang bisa hidup di dataran rendah.

Contoh beberapa tanaman dan tumbuhan yang bisa hidup di dataran rendah yaitu kelapa sawit, tembakau, rami, dan tanaman lainnya.

5. Peternakan

Selain itu, dataran rendah juga bisa digunakan sebagai lahan peternakan. Mengingat dataran rendah memiliki tanah yang subur sehingga rumput dan beberapa tumbuhan bisa tumbuh dengan baik.

Dengan banyaknya rumput hijau yang tumbuh bisa dimanfaatkan sebagai lahan peternakan untuk hewan-hewan ternak yang pemakan seperti sapi, kerbau, kambing dan lain-lain.

Jawaban:

bidang pertanian dan bidang perindustria

[answer.2.content]